Thursday, January 24, 2008

Kutipan: Belajar Berorganisasi

Ya, memang pelajaran PMP sudah tak ada lagi. Sekarang namanya Kewarganegaraan. Topik bulan ini adalah Kebebasan Berorganisasi. Yeah, right. Saya sendiri bosan.

Mari berangkat dari pengalaman anak-anak. Kebetulan kelas 5 sudah berkali-kali (dan sedang) mengikuti "organisasi" kecil-kecilan seperti saat membuat buku tahunan, kampanye, atau mengurusi pertunjukan kelas.

Saya bertanya pada mereka, apa pengalamanmu dan apa yang kamu pelajari? Ini jawaban mereka (yang anonim).

"Saya belajar bahwa everybody needs everybody. Kita juga tidak selalu dapat menjadi sesuatu yang kita inginkan. Kita perlu mengalah untuk tujuan kita."

"Saya belajar bahwa berorganisasi itu kita harus kompak dalam apapun. Juga harus teliti."

Setelah bercerita tentang teman-teman yang mau bekerja dan mangkir bekerja, ada yang menulis, "Hal yang membuat saya senang adalah mereka masih mau berusaha untuk membuat acara sukses. Saya belajar bahwa kalau berorganisasi kita tidak bisa seenaknya saja. Jangan egois.".

"Saya belajar bahwa dalam berorganisasi tidak semua yang kita mau bisa dikabulkan. Kita harus berunding dan belum tentu hasil perundingannya bisa memuaskanmu."

"Sangat menyenangkan bekerja dengan Putu. Ia bertanggung jawab, jadinya tugas kami cepat selesai. Tapi karena ada anak yang tidak mau mengerjakan tugasnya, saya sedikit kesal. Saya jadi belajar bahwa kita harus bertanggung jawab dan selalu sigap."

"Saya mempelajari satu hal yaitu kau tidak akan hidup tanpa bantuan seorang teman."


Tumbuh dewasa di depan saya, mereka mulai mengatasi rasa kecewa, kehilangan, dan... apa artinya berbeda pendapat.

No comments: