Wednesday, August 16, 2006

Bertanya Pada Buku

Alexander The Great sering mengingatkan saya untuk tidak serta merta menjawab pertanyaan anak-anak.

Lho?

Maksudnya, ia ingin saya menggiring anak-anak untuk bertanya pada buku, dan bukan saya. Saya hanya guru mereka, saya bukan sumber pengetahuan. Anak-anak harus tahu bahwa buku punya jawaban yang lebih luas dan meyakinkan. Jika saya punya kebiasaan menjawab dengan segera, tentu anak-anak akan lebih suka mengambil jalan pintas dengan bertanya pada saya.

Pada kenyataannya, agak sulit juga selalu merujuk pada buku jika anak-anak bertanya. Kami hanya punya waktu sekitar empat jam sehari, dan tiga belas anak yang setidaknya bertanya sekali sehari. Ayo berhitung!

Hari Selasa, kami punya proyek untuk membuat Pet Shop. Saya mengajak anak-anak melakukan riset kecil mengenai binatang peliharaan pilihan mereka di perpustakaan. Kegiatan seperti ini di minggu-minggu awal tahun ajaran cukup riskan. Anak-anak masih perlu banyak bantuan.

Cukup mengejutkan bagi saya ketika tahun ini anak-anak kelas saya bisa melakukannya dengan baik. Separuh kelas bekerja sendiri, memilih buku, dan mencatat informasi-informasi yang mereka perlukan. Sebagian anak masih kesulitan menemukan buku yang tepat, membaca, dan mengambil informasi yang mereka butuhkan. Saya perlu membantu. Ada juga yang begitu asyik melihat-lihat gambar dan hampir tidak menulis apapun di lembar kerjanya. Hehe.

Saya tidak menerapkan standar terlalu muluk. Ketika saya berkeliling dan melihat mereka memilih buku-buku yang relevan dengan topik pilihannya saya sudah merasa gembira. Sekar bahkan sempat membantu temannya mencari bahan tentang tupai setelah bahan-bahannya mengenai kucing terkumpul. Dengan tenang Sekar berkata pada saya, "Aku tahu semua tentang binatang, Bu."

Menuliskan laporan tentang apa yang mereka baca memang perlu ketrampilan lebih tinggi. Beberapa anak bisa melakukannya, tetapi wajar kalau mereka perlu bantuan.

Setidaknya kami sudah memulai kebiasaan bertanya pada buku.

Nanti saya ceritakan bagaimana hasil akhir pet shop kelas kami.


No comments: