Saturday, July 15, 2006

Kelas Baru

Di kelas baru saya ada 13 orang anak, delapan perempuan dan lima laki-laki. Semuanya masih kecil. He, sepertinya ini perasaan subjektif karena sampai bulan lalu saya masih bersama anak-anak yang satu tahun lebih tua dari mereka. Satu tahun besar artinya untuk anak-anak.

Seperti biasa pula, 13 anak ini macam-macam adatnya. Ada yang acuh tak acuh, ada yang penuh perhatian. Ada yang serba cepat, ada yang senang berlambat-lambat. Ada yang suka mengatur, ada juga yang terima saja diatur-atur. Bagaimanapun kelas ini punya karakter sendiri. Yang paling nyata adalah anak-anak ini sangat manis dan mudah diatur. Rasanya saya berubah menjadi orang yang ramah dan sangat penyabar bersama mereka. Biasanya kan saya harus galak.

Satu yang membuat saya sempat kelabakan dua hari, anak-anak ini bekerja sangat cepat sampai-sampai semua rencana kegiatan selama tiga hari sudah selesai dalam dua hari. Mereka tidak mengobrol saat bekerja dan makan. Heran saya jadinya. Belum lagi ternyata rentang kemampuan mereka relatif sama.

Teman saya berpendapat bahwa dua bulan lagi mereka akan sama gilanya dengan kelas-kelas yang lalu. Saya hanya tertawa. Saya juga belum tahu. Saya masih ingin kenal lebih jauh dengan mereka. Saya hanya yakin bahwa beberapa saat lagi mereka akan menampilkan keistimewaan-keistimewaan masing-masing.

No comments: