Sunday, May 11, 2008

Keliling Indonesia

Jumat ini kami kedatangan tamu. Ibu Indri datang dan bercerita tentang ekowisata di Indonesia. Satu setengah jam kami asyik melihat foto-foto dari tempat-tempat terindah di Indonesia. Anak-anak melihat Gunung Rinjani dan danaunya yang indah, kegiatan bird watching di Pangrango, dunia bawah laut di sekitar Pulau Seram dan selatan Sulawesi. Bagusnya bikin merinding.

Anak-anak yang tadinya tertarik pada aneka merk di mall-mall mewah pada segmen wisata belanja, akhirnya ikut terkagum-kagum pula pada udang yang transparan, ikan sebesar penyelam, dan pantai berpasir indah. Tiba-tiba homestay di rumah penduduk, atau tidur di penginapan sederhana yang letaknya di sebelah pohon-pohon tempat monyet menginap menjadi ide yang tak kalah menggiurkan dibanding tidur di hotel yang bagus.

"Now I LOVE Indonesia," celetuk anak-anak.

"Indonesia punya hampir 18.000 pulau. Jika setiap hari kita mengunjungi satu pulau, berapa waktu yang diperlukan agar selesai menjelajahi Indonesia?" begitu Ibu Indri bertanya.

Kami menghitung bahwa kita butuh waktu kurang lebih enam puluh tahun lamanya.

"Let's start it from now!" kata Mita tidak sabar. Mungkin ia juga khawatir perjalanannya tidak akan selesai.

Setelah Bu Indri dan anak-anak pulang, giliran saya yang bertanya-tanya, berapa banyak yang bisa kami pelajari kalau "sekolahnya" adalah mengelilingi Indonesia?

Yang pasti, tidak lulus Ujian Nasional.


*Terima kasih banyak untuk Bu Indri, sudah memberi kami kesempatan melihat bahwa Indonesia sangat indah dan pantas dicintai.*

3 comments:

m.friya said...

sekarang... tinggal menunggu kebijakan orang tua aja... mau apa tidak "bersusah-susah" melihat Indonesia... hihihihi...

tapi paling tidak... mungkin sudah masuk agenda anak2 mu ini ya nanti kalau sudah bisa sendiri kemana2.. hehehehhe...

Tia said...

iya lho... mereka mulai "merengek" ngajak-ngajak... ayo bu, pergi yuk, jalan-jalan yuk, tapi keluar jawa. hahahaha.

m.friya said...

hihihihi...
ampun.. mulai pusing deh para ortu... keliling pulau jawa aja ngga selesai2... mending kalo satu pulau jawa... jawa barat saja belum banyak terselusuri... semakin banyak "referensi" di jawa barat (aja)... semakin gemes sama waktu jalan2 yang terpotong2... heheheh...