Thursday, July 23, 2009

Peraturan Kelas


Setiap kelas di sekolah Kembang selalu membuat dan menyepakati peraturan kelasnya sendiri. Satu hal yang saya pelajari; selalu buat peraturan kelas dalam bentuk positif. Hindari kata "Tidak" dan "Jangan". Peraturan kelas sebaiknya bisa menjadi panduan tentang tingkah laku yang diharapkan, bukan yang tidak diharapkan.

Salah satu peraturan di kelas 5 tahun ini adalah:

Selalu berusaha mengerjakan segala sesuatu sebaik-baiknya dan penuh semangat.


Saya baru menemukan manfaat peraturan ini jika ada anak yang bertanya, "Ini diwarnai atau tidak, Bu?"

Saya tinggal menunjuk ke peraturan kelas.

"Oh, iya."

"Berapa banyak yang harus kutulis, Bu? Berapa kata minimal?"

Tunjuk lagi.

"Oh, iya."

Yang terbaik, itu tidak ada batas minimalnya.



* gambar dari sini

6 comments:

Tia said...

:)

saya mendengar kalimat serupa dari lika, yang dengan bangga mengatakan bahwa ia belajar sendiri dari internet dan catatan-catatan di dinding kamarnya.

senang mendengar anak-anak kita sudah menganggap belajar adalah proses yang ada di tangan mereka sendiri.

i believe, even the sky is not their limit.

Anonymous said...

Saya pernah gitu, bu. Kalau ada yang tanya, jawab dengan nunjuk tulisan di dinding. Kontrak belajar. Trus ada satu anak langsung mengangkat tangan sikap berdoa dan berkata: Ya, Allah ampuni Bu Guru. Cabutlah azab bisu yang engkau timpakan kepada beliau.
Huahhahaha... Canda, bu..

MoonLover said...

wahhh, ini ibu tia ya?
ibu saya susi, observer dri SSE d SD Kembang semester ini..
saya sedang cari bahan untuk mengerjakan research proposal,, ternyata nyangkut d blog ibu,hehe
saya ngambil topik tentang peraturatn kelas d SD Kembang bu,,
pengalaman observasi d SD Kembang sangat berharga buat kami bu, terimakasih atas kesempatannya ^^
semoga kelak kami bsa jd guru n mempunyai anak2 seantusias anak2 SD Kembang ya,,

Tia said...

hai Susi!

senang mendengar pengalamanmu di SD Kembang berguna. :)

pindy said...

Wah, like this banget Bu. Terutama ini "Yang terbaik, itu tidak ada batas minimalnya". Boleh saya kutip ya? :)

enggar said...

Wah, like this banget Bu. Terutama ini "Yang terbaik, itu tidak ada batas minimalnya". Boleh saya kutip ya? :)