Friday, October 13, 2006

Di Kandang

Hari ini kami membaca cerita tentang seseorang yang suka suara ribut. Waktu ia pindah dari kota besar ke desa kecil, tidak bisa tidur, karena kurang ribut. Jadi dibelinya banyak hewan, diundangnya banyak orang, supaya cukup riuh untuknya tidur.

Cerita ini sangat deskriptif. Saya meminta anak-anak menggambar selengkap mungkin, deskripsi yang mereka baca dalam cerita itu.

Empat puluh lima menit berlalu, anak-anak mulai datang silih berganti menunjukkan hasil kerjanya. Tara menunjukkan sebuah gambar nyaris tak berpenghuni, kecuali seekor hewan (saya lupa apa tepatnya).

Saya : Sepertinya di cerita ini banyak hewan-hewannya?
Tara : Iya.
Saya : Kok tidak kelihatan di gambarmu?
Tara : Mereka ada di sini (menunjuk sebuah rumah kecil di kanan kiri sebuah rumah kayu, dan sebuah rumah besar tak jauh dari situ). Ini kandang kucing, ini kandang anjing, ini kandang hewan-hewan lain.
Saya : (manggut-manggut berusaha mengerti)

2 comments:

Anonymous said...

saya pernah membaca kisah Pangeran Kecil. Ketika sang pilot yang tengah terdampar di gurun sahara bertemu dengan Pageran kecil dan diminta menggambar seekor biri-biri sang pilot menggambar sebuah kotak. disana sang biri-biri tidur dengan nyaman. Ternyata cerita itu terjadi juga di kelas anda. WOW!

Tia said...

Saya suka sekali buku The Little Prince. :)