Saturday, June 02, 2007

Selama ini...

Akhir tahun ajaran sudah hampir datang lagi. Cepat ya? Kali ini bahkan saya belum sempat merasa sedih karena hampir berpisah.

Beberapa hari lalu saya menunjukkan lembar foto-foto kelas yang akan dimuat di buku tahunan. Alexander The Great membantu saya menyusunkan foto-foto dan memberi ruang bagi anak-anak untuk menggambar. Rencananya begitu, tapi sayangnya kami tak bisa melakukan apa yang kami rencanakan. Ada yang menganggap gambar anak-anak itu sama dengan scribbling. Sementara saya - seperti para orangtua yang bangga pada anaknya- menganggap gambar mereka mahakarya. Susah juga kan, kalau berbeda pendapat.

Tetapi saya sempat mengajak anak-anak berdiskusi, apa yang akan kami gambar dan tulis dalam ruang kosong. Tadinya anak-anak mau menulis apa yang mereka senangi di kelas dua. Tempatnya tidak cukup. Lalu anak-anak berpikir untuk menuliskan kembali pertanyaan-pertanyaan, "yang banyak dan sering membuat bu tia pusing", tetapi kebanyakan sudah lupa waktu itu bertanya apa. Hanya Fia yang ingat bahwa Bintang pernah bertanya apa itu stroke. Memang foto mereka sedang membaca artikel tentang stroke ada dalam lembar foto itu.

Akhirnya, kami sepakat untuk melengkapi kalimat ini dengan kata-kata yang sesuai.


Di Kelas Dua, kami suka ....

Anak-anak melengkapinya dengan


... bertanya

... berdiskusi

... menggambar

... membaca

... tertawa

... presentasi

... bermain .... dan

... mencoba hal-hal baru!


Ternyata tahun ini tidak cepat berlalu. Ternyata selama ini kami ... SIBUK!!

No comments: