Thursday, November 16, 2006

Children Are Not Cute

Untuk saya anak-anak selalu mempesona.

Tetapi sejak saya mulai mengajar, saya menghentikan anggapan bahwa anak-anak itu lucu dan menggemaskan. Saya tahu, jika saya menganggap mereka lucu dan menggemaskan saya hanya akan membuat mereka sebagai hiasan. Saya akan mendandani dan melatih mereka agar tampak menarik saja. Saya tidak akan menggiring mereka jadi manusia.

Saya memulai rencana belajar saya dengan bertanya pada saya sendiri, bagaimana saya bisa membantu mereka mempelajari sesuatu dengan cara yang menyenangkan?
Saya tidak memulai rencana belajar saya dengan bertanya pada diri saya sendiri, apa yang bisa saya lakukan agar mereka senang dan tidak menggangu saya?

Saya berusaha keras tidak menjadikan mereka hiburan bagi saya, meski seringkali mereka menghibur saya yang sedang merasa kacau balau. Saya tidak melakukan sesuatu hanya agar mereka mengganduli dan memeluk saya. Saya bekerja untuk mereka, bukan saya yang mempekerjakan mereka agar memuja saya.

Untuk saya anak-anak selalu mempesona.

Saya selalu memikirkan mereka, dan saya selalu ingin bercerita tentang mereka pada orang-orang dekat saya bukan karena mereka lucu dan menggemaskan; tetapi karena mereka hebat dan mengajari saya banyak hal.

3 comments:

Primadonna Angela said...

semoga tetap menjadi inspirasi bagi murid-murid, dan juga orangtua mereka. :)

Anonymous said...

Mbak, saya suka banget tulisan ini.. Memberi saya sudut pandang baru dalam melihat anak. Kata-kata "Saya berusaha keras tidak menjadikan mereka hiburan bagi saya" sangat mengena..

Thanks. Keep on writing. Keep on learning, not teach.. :-)

Tia said...

terimakasih tanggapannya...

selamat membaca :)