Friday, August 10, 2007

Menanggapi Tugas

Untuk merangsang anak-anak mau berpikir dan melakukan riset kecil-kecilan sekaligus memberi tantangan untuk mereka yang perlu tantangan lebih, saya menulis sebuah pertanyaan setiap minggu. Saya namai QUESTION OF THE WEEK.

Question of the week minggu ini adalah; Apa arti lambang bulan dan bintang yang ada di kubah masjid?

Masalahnya, sepanjang bulan ini kami belajar tentang tanda dan lambang dalam agama. Kemarin anak-anak bertanya tentang lambang bulan dan bintang setelah kami membahas larangan menggambarkan Tuhan di dalam agama Islam.

Pagi ini, anak-anak muncul dengan berbagai tanggapan tentang pertanyaan itu.

Putu, "Bu, aku sudah tanya-tanya tapi tidak ada yang tahu. Tetanggaku yang agamanya bagus juga tidak tahu."

Dhara, "Aku sudah tanya Pak Ustad Bu, katanya tidak ada artinya kok."

Ketika lebih banyak anak muncul, mereka justru mendiskusikan pertanyaan itu tanpa saya. Sambil menulis agenda, Lika memulai, "Aku belum tulis jawabannya soalnya aku bingung. Beda-beda sih jawabannya."

Dari sisi meja yang lain Saras menceritakan temuannya, "Lima sudut bintang itu menggambarkan lima Rukun Islam."

Mita yang baru datang, langsung bergabung, "Bukan, itu dulu lambang yang dipakai sama Dinasti Ottoman. Dinasti Ottoman itu penguasa Turki. Nah dulu Turki itu kerajaan Islam yang besar sekali dan daerah kekuasaannya sangat luas. Kalau perang dia pakai lambang itu. Sebenarnya itu bukan lambang Islam, tapi jadi nyambung saja. Aku baca di internet, begitu."

"Oh ya? Jawaban Saras tadi juga menarik tuh yang lima sudut itu."


Dari obrolan mereka saya jadi tahu bahwa ternyata anak-anak sudah menggunakan sumber yang berbeda-beda. Lebih jauh lagi, ternyata mereka bisa menghargai hasil temuan bahkan yang berbeda dengan temuannya sendiri. Tidak masalah siapa benar dan siapa yang salah.

No comments: