Friday, March 02, 2007

Serba Serbi

#Sekar sedang senang-senangnya membuat puisi. Hari ini ia membuat dua puisi tentang Burung Kutilang (yang SANGAT BAGUS) dan Kupu-Kupu. Semua pekerjaannya selesai lebih awal, jadi ia mondari mandir menyalin ulang puisi-puisinya dan memberi ilustrasi di sana-sini. Saya selalu memintanya membacakan puisi-puisi itu keras-keras di depan teman-temannya.

#Anak-anak sedang pusing dengan matematika. Mereka sedang belajar operasi hitung campuran dengan bilangan tiga digit. Misalnya 345 + 267 = SEGINI. Atau soal variasinya seperti 123 + BERAPA = 555. Mendadak anak-anak jadi pelupa dan tampang mereka sangat memelas waktu pelajaran matematika. Kalau biasanya anak-anak bersemangat mencari nilai A+ , sekarang mereka sudah bahagia kalau lembar kerjanya selesai tepat sebelum bermain.

#Mereka mengubah jalan penghubung antara TK dan SD menjadi sesuatu bernama terowongan casablanca. Penyebabnya adalah acara pembongkaran gedung sebelah yang mengakibatkan puing-puing ikut nyasar ke jalan penghubung itu. Sebagai bagian dari upaya melindungi atap (saya lupa apa nama bahan lembaran yang transparan itu), beberapa tripleks dipasang. Jalan penghubung menjadi agak gelap. Sepanjang siang ini anak-anak perempuan di kelas saya mondar-mandir di antara jalan penghubung hingga kelas 2 sambil menjerit-jerit sok ketakutan.

#Hasil audisi untuk konser sudah diumumkan. Tadi, di depan seluruh sekolah nama mereka dipanggil satu persatu. Tentu saja semua guru sudah memberi pengantar mental di kelas masing-masing agar anak-anak berbesar hati dengan hasilnya. Saya selalu bilang setiap anak istimewa dalam hal-hal berbeda dan punya kesempatan berbeda untuk menunjukkannya. Enam belas anak terpilih dalam audisi, lima diantaranya dari kelas saya. Enam belas anak itu bereaksi seperti finalis American Idol, berteriak dan peluk-pelukan. Lucu sekali. Setelah acara usai saya bertanya pada Dewa sambil bercanda, "Bagaimana, kamu terpilih tidak?'
Dewa menjawab, "Tidak. Tapi yang penting aku sudah berusaha."
Saya jadi tertawa, "Hebat kok, nak..."

Ada hiruk pikuk apa lagi ya?

No comments: