Tuesday, March 27, 2007

Jangan Gampang Percaya

Anak-anak di sekolah sedang senang game console baru keluaran N. Banyak yang sampai termimpi-mimpi, tampaknya.

Bintang, belajar sesuatu yang penting dari game console ini. Jangan percaya begitu saja dengan otoritas. Kalau bisa, carilah sumber informasi sebanyak-banyaknya agar bisa membedakan mana yang benar dan tidak.

Saat istirahat ia bercerita pada saya,

Bu, bu... sekarang sudah banyak lho yang punya NDS itu. Aku kan juga kepingin, jadi aku tanya sama ayah, "Yah, NDS itu harganya berapa sih?" Kata ayahku, harganya 20 juta. Kan mahal banget ya Bu.

Meskipun mahal, Bintang tidak merasa putus asa tanpa daya. Ia tahu ia punya kemampuan mengakses informasi dari sumber lain yang mungkin bisa memberi data lebih akurat.

Suatu kali aku pergi sama ayah ibuku ke tempat elektronik-elektronik itu. Lalu aku tanya sama mbak-mbak yang jualan. "Mbak, Mbak, NDS seperti ini harganya berapa sih?" Tahu nggak bu, mbak-nya bilang, "Harganya 900 ribu-an" . Haaa... aku kaget banget. Jadi aku ceritain sama ayah. Salah satu dari mereka bohong, ibu tahu kan, yang mana?

Anda juga tahu, kan?

Saya rasa kita sendiri juga sudah cukup umur untuk tidak mudah percaya pada katanya si anu. Meskipun si anu itu dihormati sejuta umat.

1 comment:

Anonymous said...

..gw juga ga gampang percaya kalo Bu Tia bilang..lagi ga da ide..*nyengir*