Friday, January 13, 2006

Komentar

Politik Kelas

Tahukah anda kalau belajar berpolitik dan berorganisasi bisa dimulai sejak awal masa kanak-kanak? Saya juga baru tahu.

Hari ini anak-anak sedang mendiskusikan pembagian tugas untuk minggu depan dipimpin Sang Kapten Kelas. Saya berusaha tidak ikut-ikutan.

Adinda : Aku mau jadi Petugas Agenda minggu depan.
Saya : Ok. Menurutmu siapa yang jadi Kapten Kelas kita minggu depan.
Adinda : Riri. She is doing very well this week.
Saya : Ok.
Adinda : Sekarang Zaky...
Dhimas : Easy one... easy one... easy one...

Dhimas berusaha memberi kode Adinda agar menawarkan tugas yang mudah pada Zaky. Anak-anak ternyata mengamati kemampuan teman-teman sekelasnya. Mereka juga tahu siapa bisa diandalkan untuk siapa. Zaky yang memang pada umumnya bertingkah laku lebih muda dari rata-rata usia di kelas kami, seringkali masih diberi predikat anak bawang. Jangan salah, anak-anak hampir tidak pernah memojokkan atau mengisolir Zaky. Mereka tetap mau bermain bersama dan tidak pernah menolak dikumpulkan dalam satu kelompok. Hanya saja mereka tahu, manytimes they have to babysit...

Riri : Iya, tugas yang mudah tapi juga memberi kesempatan Zaky untuk berkembang...

Fisika

Di jam istirahat saya memanfaatkan waktu untuk memeriksa kembali bacaan mengenai Isaac Newton yang akan kami gunakan minggu depan. Selesai makan, Musa duduk di samping saya.

Musa : Ini siapa, Ibu Tia? (Menunjuk foto Sir Isaac Newton)
Saya : Isaac Newton
Musa : Siapa itu Isaac Newton ?
Saya : Orang yang menemukan gaya gravitasi. Kamu tahu apa itu gravitasi?
Musa : Ya.
Saya : Apa?
Musa : Ibu tahu luar angkasa?
Saya : Tahu.
Musa : Ya, di luar angkasa semua barang terbang-terbang begitu. Tapi kalau di bumi tidak. Semua jatuh ke tanah. Karena ada gaya gravitasi itu. Jadi semua ditarik oleh gravitasi, atau gravity.
Saya : (Mengangguk-angguk)


4 comments:

Amalia said...

wah, riri kok wise bgt ya..
i've never thought 2nd grade-primary school-kid could possibly think that way!! salute..

Tia said...

hehehe... saya juga tidak pernah mengira ada yang bisa ngomong seperti itu. Bahkan saya sendiri jadi kepingin minta bantuan riri untuk mengisi komentar rapor kuartal depan. Pilihan katanya sangat baik.

Putri said...

ibu tia.. kangen sekali bertemu dengan murid2 ibu tia yang ajaib itu.. ingat hibernasi bu?? sampai sekarang saya masih suka ketawa dan terpana mengingatnya.. say hi to them would you? hehehehe..

-putri

Tia said...

I will, Put...