Tuesday, June 20, 2006

Kelas 2005/2006

Sekali lagi saya jatuh cinta pada kelas saya, dan berpisah tetap saja meninggalkan rasa sedih.

Saya mencoba menikmati hari-hari terakhir bersama mereka sambil mengatasi segala keriuhan yang terjadi di akhir tahun. Tamu terakhir kami, acara memasak terakhir kami, pementasan terakhir kami, dan tentu saja piknik makan siang di halaman sekolah.

Seperti biasa juga saya selalu menyiapkan penghargaan-penghargaan kecil untuk setiap pencapaian mereka sepanjang tahun ini. Semua pencapaian, mulai dari jumlah nilai tertinggi sampai anak yang paling bersahabat. Sambil menyiapkan pita-pita, medali-medali, dan sertifikat-sertifikat, barulah saya bisa mengakui bahwa bagaimanapun mereka tumbuh besar dan berkembang menjadi lebih baik.

Bagaimanapun, tulisan ini sudah terlambat hampir dua minggu dari seharusnya. Saya sudah tidak ingat rincian komentar-komentar, pertanyaan-pertanyaan, dan kelakuan anak-anak di hari-hari terakhir kelas 2. Yang jelas kami banyak tertawa bersama. Anak-anak pun mengingat tahun ini sebagai tahun yang 'banyak tertawa'.

Ya, buat bu Tia pun demikian. Bu Tia banyak tertawa sampai berlinang air mata, tertawa karena terkagum-kagum, tertawa malu, dan tertawa kehilangan akal menghadapi kalian.

Beberapa tawa itu berbuah jadi puluhan tulisan pendek di sini. Kalian bukan hanya guru yang hebat untuk saya, tapi juga guru yang hebat untuk banyak orang di luar sana. Kami sudah belajar banyak dari kalian, tentang bagaimana menjadi anak-anak yang pemberani dan penuh kasih sayang.

Selamat melanjutkan perjalanan.


No comments: