Wednesday, April 02, 2008

Memindai Bacaan

Lepas dari kelas 2 SD, anak-anak lebih sering bergumul dengan kesulitan memahami bacaan daripada melafalkan bacaan. Ini adalah keluhan umum yang terdengar dari berbagai kelas. Mengapa anak-anak tidak bisa menjawab pertanyaan sederhana tentang satu teks?

Bisa membaca memang tidak otomatis mengerti apa yang dibaca. Kebanyakan anak memerlukan bantuan untuk bisa "mengolah data" dari sesuatu yang dibacanya. Salah satunya adalah menyaring informasi yang penting atau yang kita butuhkan saja.

Ada kalanya kita membaca suatu teks hanya untuk mendapatkan informasi yang spesifik. You don't have to struggle through the whole text only for a spesific information. Maka kemarin saya mengajak anak-anak berlatih memindai bacaan.

Saya memberi anak-anak teks mengenai struktur bumi. Ada banyak data-data faktual dan istilah baru di dalamnya. Saya katakan pada mereka bahwa saya akan mengajukan pertanyaan dan mereka boleh adu cepat menemukan jawabannya. Saya katakan bahwa saya hanya akan menggunakan kata tanya apa, siapa, berapa, kapan, dan di mana untuk bertanya. Saya tidak akan menggunakan kata tanya mengapa dan bagaimana sebab itu membutuhkan pemahaman yang lebih kompleks. Petunjuknya adalah, cari kata yang paling penting.

Apa itu kerak bumi?

Anak-anak cepat menyusuri teks mereka, dan Mita segera menjawab; lapisan bumi yang paling luar.

Kata apa yang kamu cari tadi?

Kerak bumi.

Kami mencoba berkali-kali dan saya mencoba sebuah pertanyaan yang lebih rumit. Lapisan bumi apa yang suhunya paling tinggi?

Tidak ada kata suhu tinggi dalam bacaan itu. Anak-anak agak kebingungan sampai Bram mengacungkan jari dan menjawab dengan tepat. Inti bumi.

Dari mana kamu tahu, Bram?

Aku melihat semua angka yang ada di dalam bacaan dan mencari angka yang paling tinggi.

Well done.

Setelah mereka menjawab, saya memang sengaja selalu bertanya bagaimana mereka bisa mendapatkan jawabannya. Thinking out loud. Teman-teman yang tidak punya petunjuk harus bagaimana bisa mendapatkan titik cerah.

Kami mengakhiri pelajaran ini sambil tertawa-tawa karena saya iseng bertanya, Siapa yang menciptakan planet bumi dan anak-anak siap memindai sebelum mereka sadar, mereka bisa menjawabnya dengan segera tanpa perlu mencari tahu.

3 comments:

m.friya said...

ih... menyenangkan amat ada yang mengajarkan memindai bacaan...

coba dari sd dulu ada yang kasih tau... aku taunya baru kuliah... :(

hehehehhehehehehhe...

Tia said...

hahaha... sama banget.

Anonymous said...

hmm.... googling is surely fun thing to do.