Sunday, March 12, 2006

Menjadi Orang Indonesia

Seperti sudah sering saya ceritakan, sebagian besar anak-anak di kelas saya senang, dan fasih berbahasa Inggris. Tiga diantaranya memiliki bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Karena itu saya sering menyemangati mereka untuk berbahasa Indonesia.

Sebagai anak Indonesia kamu harus pandai berbahasa Indonesia. Kalau saja kamu tahu, anak-anak seusiamu yang dapat berbahasa Indonesia dengan baik itu langka. Kamu harus bangga dan menjadi lebih baik lagi.

Pada hari yang sama, di jam makan siang, saya duduk di sebelah Agung yang terkenal sulit makan. Saya katakan padanya untuk menghabiskan lauknya. Agung menoleh ke kanan dan ke kiri, "Lauk itu yang mana, Bu?"

Teman-teman yang mendengar langsung berkomentar.

Lauk itu temannya nasi! Nih, lihat, laukku itu abon.
Gimana sih, orang Indonesia kok lauk saja tidak tahu!

Tinggallah saya yang tersenyum-senyum dan Agung yang manggut-manggut.

No comments: