Wednesday, March 29, 2006

Nama Baru

Kemarin, di jam pelajaran matematika, guru matematika membagikan name tag berupa kalimat perkalian. Setiap orang di kelas harus menyematkan name tag itu di dada. Maka sejak saat itu nama orang tersebut berganti menjadi hasil dari kalimat perkalian yang tersemat.

Name tag saya bertuliskan 4 x 4.
Maka kemarin nama saya menjadi Bu Enam Belas.

Kemarin jadi penuh tawa cekikikan anak-anak. Sebab sulit bagi kami semua untuk berganti nama bersamaan dalam satu hari.Apalagi bagi mereka yang belum lancar mengingat fakta perkalian. Agung beberapa kali terlihat komat kamit beberapa detik sebelum memanggil nama teman atau gurunya. Lebih gawat lagi kalau pelupa seperti saya.

Anak-anak berinisiatif mencatat setiap kesalahan memanggil nama dan menghitungnya di akhir hari.Semua pasang telinga kalau-kalau ada teman yang tidak sengaja memanggil nama orang lain dengan nama sungguhan, bukan hasil perkalian. Banyak kalimat seperti ini, " Bu Enam Belas, tadi Dua Puluh Satu memanggil Delapan Belas dengan namanya!" Lalu mereka buru-buru ke papan tulis dan menambahkan satu angka di belakang nama Si Dua Puluh Satu.

Ini cara yang menyenangkan sekaligus mengesalkan untuk mengajak anak-anak mengingat fakta perkalian.

Coba tebak siapa yang mendapat angka paling banyak untuk salah memanggil?
... Bu Tia! Eh, Bu Enam Belas.

Eits, tidak berarti saya tidak hafal perkalian lho.


No comments: