Friday, March 31, 2006

Peta Rasa.

Saya sedang membaca sebuah buku karangan Tracy Kidder yang berjudul "Among School Children". Buku ini bercerita tentang seorang guru dan seisi kelasnya selama satu tahun ajaran.

Buku ini membuat saya tertawa karena jadi sering mengingat pengalaman saya sendiri.
Buku ini juga membuat saya sadar bahwa saya tidak sendiri. Sebagai guru, Christine Zajac dan saya punya peta rasa yang sama sepanjang tahun ajaran.

Bulan-bulan pertama penuh semangat dan kecemasan menghadapi kelas baru yang sebenarnya selalu sama.
Bulan-bulan selanjutnya yang mengesalkan karena anak-anak masih terus menguji batas-batas kesabaran gurunya.
Bulan-bulan tengah tahun yang mulai menyenangkan karena anak-anak mulai terlihat kemajuannya.
Lalu bulan-bulan menjemukan penyebab serangan panik, khawatir tidak menjalankan kelas denga baik.
Kemudian tahun ajaran itu akan berakhir melodramatis dengan rasa sedih karena harus berpisaha sementara gurunya sudah terlanjur jatuh cinta.

Saya jadi ingat ucapan salah satu trainer saya dulu,
"There is nothing new in education. You just go out, find what you need, and put them all together in your class. "

Tidak ada yang baru juga tentang jungkir balik perasaan guru kelas sepanjang tahun.

No comments: