Tuesday, September 06, 2005

Riset Kecil

Bedanya mengajar di playgroup dan di SD adalah di SD boleh memberi tugas. Hehehe. Saya senang memberi tugas-tugas open ended. Saya senang melihat hasil kerja anak-anak yang beraneka ragam dan seringkali mengejutkan.Tugas open ended juga memaksa anak-anak bertanya; baik bertanya pada orang lain yang lebih tahu maupun bertanya pada buku.Lagipula tugas open ended tidak merepotkan buat saya, tapi merepotkan mereka.

Membiasakan anak-anak mengenal buku referensi, menggunakan kamus, dan menggunakan atribut-atribut lain pada buku mau tidak mau jadi bagian proses belajar, kalau sebagai guru saya maunya memberi tugas open ended. Tentang keinginan mereka untuk mulai bertanya pada buku, itu soal lain lagi.

Hari ini kegiatan kami tidak open ended, karena saya menyiapkan permainan dan lembar kerja. Ternyata saya tetap mendapatkan hasil tidak terduga.

Saya mengajak mereka bermain lomba mengelompokkan gambar hewan. Mereka harus mengelompokkan gambar-gambar itu dalam kriteria tertentu. Saya mulai dengan kriteria kasat mata seperti hewan yang hidup di darat atau hidup di air, bertelur atau tidak bertelur. Dalam tiga kali percobaan anak-anak sudah melesat pada pengelompokkan hewan vertebrata. Saya ketinggalan. Saya baru bicara tentang hewan kaki dua dan hewan kaki empat, ada saja anak yang menerangkan pada temannya bahwa laba-laba itu bukan serangga karena kakinya delapan sedangkan semua serangga kakinya enam.

Topik ini sungguh menarik sampai-sampai ketika kami melanjutkan ke sesi lembar kerja, anak-anak fall into silence. Semua langsung serius. Mereka sedang menulis persamaan dan perbedaan gambar sekelompok hewan. Tiba-tiba Adinda dan Dhiadri menghampiri saya.

"Boleh ke perpustakaan, tidak, Bu? Aku butuh buku untuk menjawab soalnya."

Saya berpikir sejenak. Saya tidak merencanakan pelajaran sampai sejauh ini sih, tapi mengapa tidak? Walaupun sebenarnya soal yang saya berikan tidak perlu informasi sejauh itu. Saya hanya meminta mereka mengamati gambar.

Dua anak itu lari ke perpustakaan dan kembali lima menit kemudian dengan setumpuk buku tentang hewan. Mereka letakkan di karpet dan mempersilakan teman yang lain untuk ikut melihat.

Limabelas menit kemudian kertas-kertas tugas itu sudah berpindahtangan ke saya.

Ini jawaban mereka.


"Hewan-hewan ini termasuk mamalia. Mereka sama-sama menyusui, mempunyai rambut, mempunyai kerangka dan berdarah panas. "

"Hewan-hewan ini termasuk reptil. Kulitnya bersisik dan agak kasar. Reptil itu bertelur dan berdarah dingin."


Riset yang bagus.

No comments: