Sunday, May 15, 2005

Birthday Surprise

Saya ulang tahun yang ke 25 hari Minggu ini. Hari Minggu- saya hampir tidak bertemu siapa-siapa kecuali seisi rumah. Ibu saya memasak makanan semeja penuh. Ia membelikan satu kotak besar strawberry cheesecake, satu dari daftar My Favourite Things.

Saya menghabiskan malam dengan pikiran melankolis dan bantal yang basah. Entah kenapa saya jadi sentimentil memikirkan hari-hari yang sudah saya lewati. I thanked Him for every single spot in my life. Semuanya, tanpa kecuali.

Saya pikir, hari ini akan berlalu seperti biasa dan tidak lebih istimewa dari makan siang masakan ibu saya. Ternyata saya salah. Sebuah mobil berhenti di depan rumah. Saya mengenalnya sebagai mobil Mini. Ibu Mini turun dan mengucapkan selamat ulang tahun pada saya. Katanya, "Bu, ikut saya, ada kejutan!"

Dan.... seisi kelas saya turun dari mobil dan berteriak "Happy Birthday Bu Tiaaa..."
Saya dihujani pelukan dan hadiah. Saya terlalu terharu untuk mengeluarkan air mata. Saya juga terlalu bahagia sampai tidak bisa melepaskan senyum dari bibir saya.

Orang tua mereka menatap saya dengan pandangan setengah bangga dan setengah heran ' Bu Tia, ini anak-anak yang merencanakan sendiri. Kami baru diberitahu kemarin sore."Ternyata anak-anak sudah mengatur agar mereka bertemu di rumah Mita pukul 10.30. Mereka sudah membagi tugas untuk menyuruh para ibu membawakan makanan. Mereka sudah pergi beli kado. Mereka juga sudah membuat kue ulang tahun berlapis cokelat. Bantet, tapi itu kue paling indah yang pernah saya lihat.

Mereka menghabiskan sepanjang sore di rumah saya yang sempit. Memeriksa semua ruangan, mewawancara ayah, ibu dan tante-tante saya tentang ikan-ikan dan segalanya. Mereka berlari-lari di taman depan rumah. Memetik rumput-rumput menjadikannya seikat dan mengatakan pada saya itu adalah kejutan.

Para ayah dan ibu bilang, mereka punya Surprise List. They fulfill it for the next one hour. Setiap lima menit mereka datang pada saya dengan kertas bergambar, kapal kertas lipat, dan entah apalagi dan bilang, "this is my surprise for you!"

Ini adalah ulang tahun terindah yang pernah saya rasakan.
This is more than a pay off. Saya dapat lebih dari yang berhak saya peroleh.

Hari ini saya jadi kepingin melakukan lebih banyak hal untuk orang lain di sekitar saya. Ketularan anak-anak sepertinya.

Hm... kadang-kadang sulit membedakan gembira dan bahagia. Untuk kejadian kali ini, saya akan mendeskripsikan sebagai; saya sedang bahagia.

6 comments:

Tin said...

you're lucky, ti....happy b'day gal..guess quarter life crisis is wrong :P buktinya? loe hari ini sungguh" bahagia...i'm happy for you :)

Nauval Yazid said...

ulang taunmu ini sepertinya bakal jadi benchmark buat kehidupanmu di masa depan, yang bisa bikin kamu selalu bahagia dengan apa yang kamu jalani dari sekarang, Tia.

buat semua yang berarti di harimu ini, met ulang tahun.

CaTLio said...

Gue yang baca aja terharu..apalagi loe yang ngalamin yah..

Anonymous said...

uuu...aku disuruh aryo baca blognya mbak tia yang ini...setelah baca..satu kata yang aku kira bagus dan tepat..
MENGAGUMKAN.

happy belated b'day!
putri

Tia said...

thanks put...

Anonymous said...

Bahagianya mencintai... lebih bahagia jika dicintai pula... something deserved to you. Happy belated Birthday!