Monday, May 30, 2005

Notice Board

Seberapa sering anda, dan saya memperhatikan hal-hal kecil yang salah, menuding, lalu mencela?

Seberapa sering anda, atau saya memperhatikan hal-hal kecil yang baik, lalu memuji?

Kelas saya menyimpulkan bahwa hal yang kedua itu lebih sulit. Jauh lebih mudah mengingat Adam bermain curang, daripada mengingat suatu hari pernah hanya Adam seorang yang mau menemani main bola berpanas-panas jam tiga siang.

Hari ini, anak-anak mengisi satu papan penuh dengan 'the good things i've seen' yang mereka perhatikan dari seisi kelas. Mereka menulisnya dalam potongan kertas lalu menempelnya dalam matriks living values yang kami pelajari sepanjang tahun ini.

It is very interesting to read what they've written.

Chandra pernah bermain bersamaku sepanjang hari. Aku sayang Chandra - Dara-
Mita tidak pernah marah ketika kerja kelompok - Lika -
Lika kalau bermain tidak pernah membedakan jenis kelamin -Dito-
Aku pernah melihat Mita mendengarkan Bu Tia sedangkan yang lain tidak -Mini-
Aku, Mini, dan Lika pernah membuat gunung dari bubur kertas bersama-sama -Mita-
Adam selalu mengaku kalau tidak membawa tugas - Mita-
Anak Kelas 1 memang masih kecil. Tapi Dara selalu sabar main dengan mereka -Saras-
Aku pernah nakal sama Dito tapi Dito tetap mau main sama aku -Adam-


Mereka menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk membuat satu papan ukuran 90 x160 cm penuh dengan kertas-kertas itu. They write about 63 kartu berisi 'good things i've seen.'

Wow.

3 comments:

amel said...

Tia, inget pelajaran IBD gak? waktu kita disuruh bikin surat cinta buat temen seangkatan? surat2 itu masih gue simpen. Emang sepele sih yg tertulis di situ, tapi efeknya besar ya, terharu aja gue, org2 perhatiin dan simpen hal2 kecil "yg baik" yg gue lakukan ke mereka, sementara waktu itu gue sendiri mungkin gak sadar aja ngerjainnya. padahal kita sama2 tau, itu tugas gitu loh, apalagi kalau inisiatif sendiri ya?

mudah2an anak2 loe selalu inget pengalaman ini seumur hidup, inget betapapun sepelenya yg kita katakan ke orang lain, efeknya bisa besar.

sebenernya gue tertarik bgmn anak2 loe bereaksi membaca yg ditulis temen2nya buat mereka.

Tia said...

Reaksi mereka?

Hm... beberapa kembali ke mejanya dan balik menulis hal yang baik dari teman yang menulis namanya.

Hampir semuanya jadi bersikap luar biasa baik sepanjang hari. Menawarkan bantuan, bilang terimakasih, atau memuji "it is very nice."

Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!