Tuesday, May 31, 2005

The Show

Some day my prince will come Some day I'll find my love And how thrilling that moment will be When the prince of my dreams comes to me He'll whisper "I love you" And steal a kiss or two Though he's far away I'll find my love some day Some day when my dreams come trueSome day I'll find my love Someone to call my own And I'll know him the moment we meet For my heart will start skipping a beat Some day we'll say I do Things we've been longing to Though he's far away I'll find my love some day Some day when my dreams come true.



Sekali lagi, Ruang Kelas 2 berubah jadi teater dadakan.

Sudah berminggu-minggu ini saya mengintip anak-anak berlatih dan mempersiapakan diri untuk lakon Snow White dalam pelajaran Bahasa Inggris. Kebetulan saya tidak mengajar Bahasa Inggris. Biasanya kalau pelajaran Bahasa Inggris saya memilih duduk dan mengamati dari pinggir kelas. Saya punya kepercayaan bahwa semakin banyak orang dewasa ada di sekelompok anak-anak, makin kacau suasana tercipta. Makin sedikit orang dewasa yang 'in control' makin anteng dan manis-manis mereka semua.

Kira-kira dua bulan lalu guru Bahasa Inggris mereka mengeluarkan order untuk menulis naskah drama Snow White. Melihat anak-anak bersemangat tapi bingung tidak tahu harus mulai dari mana, saya bantu mereka mulai. Kami baca ceritanya bersama-sama, lalu kami ulang lagi dalam bentuk dialog. Mereka menyelesaikan sendiri 4/5 bagian akhir cerita itu.

Dua minggu terakhir ini latihan mereka makin sering. Entah bagaimana caranya, bahkan anak-anak yang paling nggak mudeng bahasa Inggris pun bisa menghafalkan dialognya. Mereka membawa kostum-kostum dari rumah, dan membuat sendiri sebagian propertinya.

Minggu terakhir ini saya membantu mereka menjadwalkan (menyelipkan) waktu-waktu latihan menyanyi untuk penutup pertunjukan mereka, Someday My Prince Will Come. Kemarin mereka membuat undangan untuk diberikan pada kelas-kelas lain.

Today is the show. Mereka jadi tuan rumah untuk dua kelas yang datang bergiliran, dan menampilkan pertunjukan mereka dengan RAPI. Saya juga bingung kok mereka bisa memikirkan dan mengatur sendiri blocking di 'panggung'. Bahkan mereka ganti kostum sendiri. Gila bener...

Walaupun beberapa anak kelas 1 berkomentar ,'this is a show for baby' dan 'oh, i hate romantic scene', saya harus bilang bahwa pertunjukan mereka bagus. Bahwa mereka menyanyi dengan baik... dan mereka menulis naskahnya SENDIRI. Mau jadi apa mereka nanti kalau sudah besar....

Wait for my other surprise stories. The next two weeks will be the last weeks for us. They will move to 3rd grade and left me in 2nd grade with the 1st grade babies.

No comments: