Wednesday, May 25, 2005

Tidak Bisa Dibohongi (Lagi)

Saya punya ide, yang saya pikir cemerlang, untuk evaluasi akhir kuartal ini. Daripada memberi puluhan lembar kerja yang... mungkin membosankan, saya membuat Olimpiade Kelas 2. Ini kata lain untuk sekumpulan lomba, kontes, pertandingan, permainan atau apalah namanya, berisi evaluasi bahan ajar setahun ini. Supaya lebih seru, saya dan teman-teman guru lain di kelas 2 sudah membuat piala, rossete, piagam, dan aneka perlengkapan lain.

Dengan penuh semangat saya menceritakan ide ini pada anak-anak. Saya menjelaskan jadwalnya, jenis permainannya, dan bagaimana mereka harus mempersiapkan diri. Saya meminta mereka untuk membuka lagi kumpulan lembar kerja mereka* sepanjang tahun ini.
Sebagian besar menyambut dengan penuh semangat dan sedikit kecemasan, "YEEEEE....!"
Sebagian kecil, sudah tidak naif** lagi untuk ditipu dengan trik-trik sulap, "Bu Tia, ini sebenarnya ulangan kan? Cuma bentuknya saja yang berbeda."

Damn.

* Anak-anak di kelas saya tidak punya buku tulis bernama dan berjudul PR, Latihan, dll. Mereka punya map yang selalu diisi dengan lembar kerja yang saya berikan hari itu juga. Kadang mereka memasukkan hasil menggambar, menggunting, menempel, dan lain sebagainya. Alasan keberagaman ini yang membuat saya berpikir buku tulis sama sekali tidak praktis. Akhir kuartal saya selalu menjilid hasil kerja mereka, meminta mereka membuat sampul sendiri, lalu mengirimnya pulang ke rumah bersama rapor mereka.

** Untuk Dodi, trust me, mereka sudah mulai tidak polos dan lugu lagi.

No comments: