Tuesday, October 18, 2005

A Student to Share

Beberapa minggu belakangan ini saya tertekan oleh dua hal. Satu, selama bulan puasa ini kelas saya luar biasa sulitnya. Saya yang selama bertahun-tahun tidak pernah mengeluh soal pekerjaan hanya karena puasa, tahun ini sepertinya harus menyerah kalah.

Tekanan yang lain berhubungan dengen pementasan operet akhir tahun. Modal saya yang 'kecil tapi galak' dimanfaatkan teman-teman untuk mengurusi masalah latihan. Jadilah saya yang pertama kali histeris melihat alokasi waktu dan banyaknya bahan latihan. Tahun lalu saya masih tertawa-tawa ketika harus latihan bersama 18 anak kelas 1 dan 2. Tahun ini ada 32 anak, bervariasi dari baru ulang tahun ke enam sampai ulang tahun ke sembilan. Dan semua harus siap untuk pertunjukan sepanjang satu jam dan menghafalkan posisi mereka di dua pintu belakang panggung untuk keluar masuk. Kami menamainya Pintu Kanan dan Pintu Kiri.

Kesialan lain adalah, saya selalu gagal melafalkan kanan dan kiri dengan benar.

Hari ini, kembali saya harus latihan bersama sebagian anak. Kali ini saya sendirian. Untungnya saya berlatih bersama sekelompok anak yang sangat koperatif. They did share ideas tentang bagaimana sebaiknya panggung itu tampak oleh penonton. Mereka meneliti naskah dengan baik dan bahkan menegur saya kalau ceroboh menempatkan mereka di panggung.

Senang rasanya, punya teman berbagi ketika bekerja.

No comments: