Saturday, December 24, 2005

Kangen

Saya lupa bilang ya, bahwa dua minggu ini kami LIBUR lagi?

Di hari terakhir kami sekolah, seperti biasa saya dan teman-teman mengantar anak-anak kami sampai ke depan gerbang. Melepas mereka satu persatu kepada Ayah, Ibu, Si Mbak, atau Pak Supir.

Salah satu teman saya memandang murid kelasnya yang pulang paling akhir. "Sudah libur lagi Bu Tia. Pasti (kita akan) kangen deh sama anak-anak."

Saya tertawa. "Nggak ah. Kali ini saya tidak mau kangen. Saya mau libur!"

Teman saya nyengir tak percaya. "Nanti juga kalau liburnya sudah jalan, kangen."

Barangkali teman saya benar. Sampai hari ke delapan saya libur ini pun bayangan anak-anak masih datang silih berganti kalau saya sedang bengong. Tapi saya juga sungguh-sungguh waktu berkata pada teman saya bahwa saya tidak akan kangen. Entahlah. Saya memang tidak pernah terlalu suka kuartal kedua. Akhir kuartal kedua adalah saat-saat di mana saya merasa tidak puas dengan perkembangan keseluruhan kelas (termasuk saya sendiri). Akhir kuartal dua biasanya ditandai dengan kecemasan, mengapa anak-anak tidak menunjukkan perkembangan berarti. Akhir kuartal dua biasanya merasa tidak optimal menjalankan pekerjaan saya. Akhir kuartal dua membuat saya sadar bahwa saya god damn emotional dan tidak menjadi guru yang bisa diandalkan murid-murid saya.


Jadi saat ini saya ada di sini. Mengakhiri tengah pertama tahun ajaran sambil browsing berbagai bahan untuk mengajar tahun 2006. Entah akan dipakai atau berakhir terlantar di salah satu folder laptop saya.

PS: Ternyata saya berhasil libur tanpa terharu biru memikirkan anak-anak. Meskipun sekali waktu saya perlu mengingat mereka untuk merencanakan apa yang akan kami lakukan tahun depan.

Selamat Natal, dan selamat berlibur!

No comments: