Saturday, December 31, 2005

Tahun 2005

Saya selalu berusaha menjadikan refleksi sebagai bagian dari keseharian kami di dalam kelas. Setiap orang dalam kelas kami menyimpan sebuah jurnal. Saya berpendapat, setiap anak perlu berlatih menguraikan kembali kesan, perasaan, pendapat, dan idenya mengenai pengalaman yang telah lalu. Merefleksikan pengalaman memberi kesempatan kita mengenal diri sendiri lebih baik lagi. Bangga atas keberhasilan, meskipun kecil, dan menumbuhkan keinginan untuk menjadi lebih baik lagi. Bagi Gardner, kemampuan refleksi diri adalah salah satu bagian kecerdasan intrapersonal. Satu kecerdasan dari delapan macam kecerdasan potensial yang dimiliki setiap manusia.

Menulis jurnal dengan rutin setiap hari cukup berat untuk anak-anak seusia mereka. Maka saya berusaha untuk mengajak mereka mengisi jurnal setiap kali kami mengakhiri sebuah tema pelajaran, atau saat kami mengalami kejadian-kejadian istimewa.

Salah satu kejadian yang cukup istimewa adalah mengakhiri sebuah kuartal. Di akhir kuartal kami menyempatkan diri untuk melakukan sebuah perayaan kecil atas kerja keras kami selama 12 minggu. Setiap akhir kuartal pula , saya akan meminta anak-anak menuliskan refleksi mereka tentang pelajaran, kegiatan, kesenangan, dan kekecewaan yang terjadi sepanjang kuartal yang telah kami lalui. Kami selalu menulis resolusi atau tekad baru untuk memperbaiki diri di kuartal mendatang.

Blog ini adalah refleksi sepanjang tahun atas pekerjaan saya. Membacanya kembali mengingatkan saya bahwa tahun ini adalah tahun yang perlu saya syukuri. Banyak sekali kegembiraan dalam haru dan tawa. Kesulitan-kesulitan ternyata lalu juga bersama dengan waktu yang terus berjalan. Kemudian saya sadar bahwa banyak sekali orang-orang yang berjalan beriringan bersama saya. Senang sekali menyadari bahwa selama tahun ini saya tidak pernah sendirian.

Tahun depan, tahun 2006, saya bertekad untuk terus belajar dari murid-murid kecil saya.

Belajar berani.
Belajar mengasihi.
Belajar memiliki harga diri.
Belajar menghargai orang lain
... dan belajar untuk terus bermain-main.


Selamat Tahun Baru, 2006!

No comments: