Thursday, December 08, 2005

Serangan Virus

Ada virus yang sedang menyerang Jakarta. Virus yang menyerang tenggorokan dan membuat orang panas tinggi. Virus itu mengakibatkan separuh isi sekolah menghilang. Saya serius, ini benar-benar literal separuh sekolah. Hari ini saja hanya 5 orang dari 10 anak di kelas saya yang datang. Kebetulan guru kelas 1 dan 3 absen. Jadi saya dan beberapa guru lain mondar-mandir berbagi tugas supaya setidaknya ada satu guru di tiap ruangan.

Sebenarnya sama sekali tidak berat karena kelas-kelas kami kecil. Lagipula beberapa pelajaran diajar oleh guru spesialis. Kami bisa bergantian mengisi waktu. Tetapi di akhir hari tetap saja saya merasa lebih lelah dari biasanya. Lalu saya jadi memikirkan guru-guru di pelosok daerah yang bahkan harus mengajar enam kelas sekaligus. Setiap hari selama puluhan tahun.

Saya jadi malu.

No comments: