Sunday, May 21, 2006

Dibiarkan tidak ya?

Kadang-kadang susah juga meninggalkan kebiasaan saya yang ingin serba "seharusnya" dan "ditempatnya" ketika di kelas. Saya jadi sering berpikir dua kali.

Riri mencampur-campur seisi palet cat air, membuat warna hijau pupus, membuat warnca coklat susu, dan seterusnya. Padahal saya benar-benar menghitung jumlah cat air yang saya ambil dari lemari penyimpanan sekolah.

Dibiarkan tidak ya?


Sekelompok anak laki-laki mengambil setumpuk buku hardcover yang mahal-mahal. mereka mulai membangun jembatan dan gedung bertingkat. Mereka menghancurkannya, lalu tertawa cekikikan. Saya khawatir ada lembar-lembar yang kusut atau lepas.

Dibiarkan tidak ya?


Waktu makan siang, anak-anak saling bertukar makanan dan membuat makanan versi baru; seperti makan kentang goreng dengan selai. Puding dengan nasi. Telur dengan mana saya tahu makanan apa lagi. Meja belepotan, wajah-wajah mereka berkernyit merasakan taste yang aneh. Tapi wajah-wajah itu kelihatan puas.

Dibiarkan tidak ya?


Anak-anak menemukan bahwa bermain ski dengan piring kertas adalah super duper menyenangkan. Apalagi kalau dilakukan di lantai yang datar dan rata. "Halaman bermain" kami terbuat dari kayu, datar, rata, dan mahal sekali karena dilapis berkali-kali. Tidak boleh tergesek-gesek karena bisa lecet lantainya.

Dibiarkan tidak ya?


Adinda menemukan bahwa mesin pel yang berat dan besar itu menyenangkan, karena rasanya seperti mengendalikan mobil listrik. Ia ngotot mau membantu pak cleaning service untuk memoles lantai kayu.

Dibiarkan tidak ya?


Saya perlu waktu beberapa menit untuk menimbang dan memutuskan apakah hal-hal itu saya biarkan atau tidak. Biasanya saya menurunkan standar kepantasan saya. Lalu saya biarkan mereka melakukan apa yang mereka lakukan.

Kadang-kadang... ada orang lain yang datang dan menghentikan mereka.

1 comment:

Anonymous said...

buTi... jangankan orang yang ingin serba "seharusnya" dan "ditempatnya"... kalo berhubungan dengan anak2.. orang yang cuek aja selalu berpikir 2 kali untuk hal-hal "membiarkan" anak2 melakukan sesuatu... jadi... kalo menurut gue, buTi masih normal sekali kok...

atau.. kalau mau santai sedikit.. kita bikin aja seragam bertuliskan *kelakuan diluar tanggung jawab guru dan orang tua*.. abis itu kita bisa ngopi2 dengan tenang.. hehehehhehe... JK!!