Saturday, April 08, 2006

Dampak Negatif

Tak sengaja saya membaca sebuah surat pendek seorang ibu yang bertanya pada seorang psikolog. Si ibu bertanya, apakah dampak negatif belajar dengan metode active learning.

Psikolog yang dulu dekan saya ini menjawab:

Dampak dari active learning (kalau teknik yang dilakukan guru benar) adalah anak akan lebih aktif, lebih ingin tahu, lebih termotivasi, mencari sumber informasi sendiri, dan kritis.
Buat orangtua yang tidak biasa, akan membingungkan, menimbulkan rasa marah, bahkan menganggap anak kurang ajar. Di SMP sebaiknya juga dimasukkan ke SMP active learning, kalau tidak, anaknya yang akan bingung dan putus asa.



Waktu saya baca, saya tertawa-tawa. Saat makan siang, teman-teman dari kelas lain saling berbagi cerita dan keluh kesah tentang anak-anak di kelas masing-masing. Saya teringat tanya jawab di atas dan saya ceritakan pada mereka.

Teman saya menjawab, "Berarti kita benar dong, bu.... kita saja bingung dan kadang-kadang marah melihat kelakuan anak-anak..."

Saya cengar-cengir.

No comments: