Wednesday, August 31, 2005

Dukungan Kelompok

Rentang kemampuan di kelas saya cukup besar. Sangat besar, bahkan. Mulai dari anak yang mampu memahami humor plesetan dalam dua bahasa, sampai yang membaca saja masih tertatih-tatih. Ada yang bisa menulis dengan huruf tegak bersambung sempurna sehingga membuat saya iri, ada juga yang menulis huruf c terbalik semua atau tidak bisa membedakan b dan d. Mulai dari yang tidak bisa kalau tidak teriak, sampai tidak bisa bersuara sama sekali.

Keinginan berkompetisi di kelas saya juga amat besar. Semua mau jadi yang ter; terdepan, tercepat, terbanyak dan seterusnya. Mungkin ada tiga ratus kali sehari saya harus mengingatkan mereka untuk tidak saling mendorong atau menginjak satu sama lain.

Anak-anak ini juga sangat outspoken. Mereka tidak sungkan bilang "Ini membosankan," kalau memang perlu. Saya tidak mengira kalau akhirnya menemukan bahwa mereka sangat murah hati dengan dukungan.

Dhiadri dan Dimas yang saya duga punya photographic memory kuat dengan tulus mengawali serangkaian tepuk tangan dan pujian untuk teman mereka yang mengumpulkan segenap keberanian untuk mencoba membaca tulisan di papan tulis.

"I know you can do it, dude!"
"That's great!"

Ya, kalian semua hebat.



No comments: