Wednesday, July 27, 2005

Senjata Rahasia

Kelas saya baru saja selesai berbagi cerita mengenai serangkaian foto masa kecil yang mereka bawa. Mereka bercerita ketika masih bayi mereka tidak bisa apa-apa kecuali menangis, tertawa, tengkurap, minum ASI dan makan bubur. Mereka juga sudah menyadari bahwa makin besar makin banyak ketrampilan yang mereka kuasai. Yang paling menarik adalah, ketika mereka menunjukkan foto mereka yang paling baru; foto diri mereka sekarang. Kebanyakan menulis seperti ini :

Ini aku ketika berumur 7 tahun. Sekarang aku sudah bisa membaca, menulis, berlari, bermain. Aku sudah bisa hampir semuanya.”

Anak-anak tujuh tahun ini beranggapan bahwa tidak ada hal di dunia ini yang tidak bisa mereka lakukan.

Selama ini saya selalu kagum dan bertanya-tanya, bagaimana mungkin manusia-manusia berukuran kecil ini begitu berani menghadapi dunia sebesar ini. Tidak pernah capek, tidak pernah hilang semangat, selalu ingin tahu, dan hidup dengan mata berbinar setiap hari. Bukankah kita selalu berpikir anak-anak adalah makhluk rapuh yang harus dilindungi, diajari, dan dijaga baik-baik? Tapi anak-anak justru berpikir bahwa mereka bisa melakukan semua hal. In fact, mereka hampir tidak takut apapun.

Sekarang saya tahu mengapa. Salah satu rahasia untuk berani bertualang menemui hal-hal baru di dunia dan tidak berhenti belajar adalah memiliki rasa percaya diri. A Thing that I lack of because I worry about zillion other things

1 comment:

Anonymous said...

Buti... anda matanya juga berbinar-binar tiap hari seperti halnya saya hehehehe...